Ngebaper (ngobrol bareng rektor) merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Institut Daarul Qur’an dan diikuti oleh semua SDI beserta calon mahasiswa. Acara Ngebaper kali ini terasa sangat istimewa karena pertama kalinya diselenggarakan di Masjid Al-Anwar Institut Daarul Qur’an secara langsung dengan mengikuti protokol kesehatan dan melalui live via zoom.

Ngebaper part 5 bertemakan “Dear Millenial, Qurban is Our Takwa to Allah SWT“, tema ini diambil mengingat saat ini kita sudah memasuki bulan Dzulhijah dan akan segera memasuki Hari Raya Idul Adha.

Pemateri Ngebaper part# 5 diisi oleh Rektor Institut Daarul Quran Ustadz M. Anwar Sani, S.Sos.I,M.E, Wakil rektor I Ustadz Dzikron Amnar bin Mutholib, Lc.,M.A. dan Ustadzah Rina Susanti Abidin Bahren, S.H.I,M.A selaku Warek 4.

Ngebaper part 5 dimulai ba’da sholat Ashar dan diawali dengan membaca surah Al-Waqiah bersama, penampilan video teaser pengenalan kampus, serta penampilan video Kebyar-kebyar yang dipersembahkan oleh para dosen sebagai representasi semangat dan persembahan sebuah karya kepada calon mahasiswa Idaqu.

Pembukaan ngebaper diawali oleh penyampaian Rektor Idaqu Ust Anwar Sani yang memberikan semangat dan motivasi kepada calon mahasiswa dan dosen agar bisa menjadi “marketer” Institut Daarul Quran sebagai bentuk cerminan pengenalan Idaqu agar bisa lebih dikenal luas oleh masyarakat.

Acara dilanjutkan oleh Ustadzah Rina yang mengupas asal mula perintah berqurban yang ternyata sudah ada dalam sejarah hidup manusia pertama kali. Yakni ketika Allah memerintahkan putra Nabi Adam As, Qabil dan Habil untuk mengorbankan harta terbaik mereka. Kemudian syariah tentang qurban mulai disempurnakan semenjak Nabi Ibrahim As, maka Allah memerintahkan Nabi Ibrahim As untuk mengorbankan putra kesayangannya Ismail yang kemudian diganti oleh Allah dengan kambing. Nabi Ibrahim lulus ujian, dan sejak saat itu diperintahkan bagi umat Islam untuk berqurban.

Pemateri selanjutnya dibawakan oleh ustadz Dzikran, dengan pembahasan orientasi perkuliahan E-learning kepada calon mahasiswa Idaqu.

Para calon mahasiswa dan audien yang berada di masjid Al-Anwar maupun peserta zoom antusias menyimak  dan mendengarkan sambil sesekali terdengar gelak tawa kecil karena penyampaian materi ngebaper memang sangat ringan, santai, menarik, serta mudah didengarkan.

Di ngebaper  ini juga menampilkan kreativitas mahasiswa Tahfidz Intensif dengan penampilan video komedi yang disambut meriah dengan tawa dan tepuk tangan penonton.

Alhamdulillah, acara berakhir dengan lancar dan menyenangkan. Kemudian ditutup dengan doa dan foto bersama. (Idaqu/Fadhila Rahman)

94 Views

Leave a Comment